Tips untuk penderita Asma

DEFINISI ASMA BRONKHIAL

Asma Bronkhial adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh peningkatan respon dari saluran napas, terhadap bermacam-macam rangsangan yang ditandai dengan penyempitan saluran napas disertai keluarnya lendir yang berlebihan dari kelenjar-kelenjar di dinding saluran napas, sehingga menimbulkan gejala batuk, mengi dan sesak. Penyempitan saluran napas dapat sembuh dan kembali seperti semula secara spontan dengan atau tanpa obat.

Mudahnya, kalo kita batuk atau sesak napas berulang dengan penyebab yang sama, atau di waktu yang sama, atau situasi yang sama, dan hilang timbul dengan menggunakan obat atau tidak, maka kita sebut sebagai asma.

Kita jangan merasa terganggu dengan istilah */asma/*. Sebab kalo anak kita yang bertahun-tahun batuk berulang kita sebut sebagai */batuk kronis/* atau */bronchitis/ * maka penangangannya jadi salah. Bila asma disebut bronkhitis, pengobatan utamanya adalah antibiotic, padahal asma tidak butuh antibiotik. */Antibiotik baik untuk membasmi bakteri pada bronkhitis, tapi tidak ada manfaatnya terhadap asma./*

Asma tidak dapat sembuh total, tapi bisa dikontrol. Dengan demikian maka penderita asma tidak akan menunjukkan gejala, mampu bekerja atau bermain tanpa terbatasi. Penggunaan obatpun dapat diminimalisir, tidak pernah serangan berat, dan tidak ada kelainan.

*Mengapa timbul asma?*

Timbulnya gejala asma seperti batuk, sesak napas dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang tidak spesifik, seperti udara dingin, polusi, perubahan tekanan udara, faktor psikis dan kelelahan.

Apapun penyebabnya dasar munculnya gejala adalah menyempitnya saluran nafas (bronchus), pembengkakan permukaan saluran nafas (edema bronchus) dan berlebihannya produksi lendir (hipersekresi) .

* Apa gejalanya?*

Gejala asma adalah sesak napas dan batuk yang berulang. Untuk mengetahui berat ringannya serangan asma, penting juga untuk memperhatikan seberapa sering, lama dan seberapa hebatnya serangan. Dan seberapa lama anak bebas serangan.

Sedangkan untuk mengetahui penyebabnya, perhatikan waktu atau kegiatan anak sebelum mendapat serangan. Pikirkan, misalnya udara, rokok, makanan/minuman, debu, kegiatan fisik, infeksi, obat-obatan dan lain sebagainya. Perlu juga dibuat catatan, sehingga kita mendapat gambaran jelas tentang penyebabnya.Di dalam keluarga, biasanya mempunyai riwayat asma atau alergi.

*Bagaimana penanganannya? *

Penanganannya ada dua macam, yang sama-sama penting, tergantung berat ringannya serangan yang timbul.

Pertama, non farmakologik (pengobatan tidak dengan obat-obatan)

1. Pendidikan pada penderita mengenai penyaktinya sehingga dia dapat menyikapi penyakitnya dengan baik;

2. Menghindari penyebab/pencetus serangan (allergen), dan kontrol lingkungan hidupnya;

3. Latihan relaksasi, kontrol terhadap emosi dan lakukan senam atau olah raga yang bermanfaat memperkuat otot pernapasan, misalnya berenang;

4. Fisioterapi, sehingga lendir mudah keluar.

Kedua, secara farmakologik (menggunakan obat-obatan)

1. Pelonggar nafas, misalnya salbutamol, aminofilin

2. Pemelihara, misalnya prednisone, dexametason dll.

3. Pengencer lendir, misalnya bromhexin, ambroxol dll.

Mudah-mudahan penjelasan ini dapat bermanfaat, sehingga dapat menangani penyakit ini dengan bijaksana dan rasional.

About these ads

About theavianto

L.U.F.T.I. Itulah namaku. Bukan LUTFI seperti kebanyakan nama pada umumnya. Yang jelas namaku ngga pasaran khan?? Tapi kalo diteliti, artinya sungguh luar biasa dan perlu perjuangan mencari arti dari nama itu. Bayangkan, sejak aku kelas 5 SD, aku sudah membayangkan arti dari nama itu. Tanya sana-sini, tanya guru agama, tanya ibu (karena ayahku sudah meninggal), tanya om-tante, tanya tetangga, tanya satpam di sekolah, tanya penjaga musholla, wahh, pokoknya sudah tanya banyak orang. Dan jawabannya : cuma gelengan kepala dan bahu yang mengangkat alias GA TAU LA YAUWW. Aku menyerah?? TIDAK, sampai suatu saat di bulan Ramadhan tahun 2006, seorang ustadz menguraikan makna namaku. Ternyata artinya sungguh di luar dugaanku. Selama penantian 10 tahun lebih, akhirnya aku tahu arti dari nama itu. MAu tau...??? simak salah satu tulisanku di blog ini...

Posted on 9 October 2007, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 88 Comments.

  1. Pencegahan & perawatan terbaik penyakit Asma adalah dengan meningkatkan kualitas sistem imun, orang yang mempunyai sistem imun dalam kondisi prima, tak mudah terkena infeksi. Jika pada saat tertentu sistem imunnya terganggu atau tidak bekerja dengan baik, infeksi oleh bakteri, virus atau jamur mudah masuk kedalam tubuhnya.

    Kondisi ini, ditambah berbagai hal yang dapat melemahkan sistem imun kita seperti tuntutan hidup dan tekanan pekerjaan, stress, polusi udara, kerja keras, istirahat kurang, akibatnya tubuh menjadi rentan terhadap penyakit.

    Urusan daya tahan tubuh merupakan urusan semua orang yang mau hidup sehat. Banyak cara dilakukan orang untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit, termasuk diantaranya dengan mengkonsumsi obat atau suplemen yang tersedia cukup banyak di pasaran.

    Salah satu imunomodulator yang telah teruji secara klinis adalah “Transfer Factor”, tidak seperti obat, susu kolostrum, enzim, Mineral, cell food, steroid, hormon, herbal, vitamin atau suplemen lain yang hanya meningkatkan daya tahan tubuh, Transfer Factor bekerja langsung memperkuat sistem imun, sekaligus mendidik, mengenali [ lebih dari 200.000 jenis kuman, virus, jamur dan sel-sel kanker untuk sistem imun kita ], merangsang dan menyerang segala pengganggu seperti sel-sel berpenyakit dan sel-sel kanker di dalam tubuh.

    Transfer factor baik di konsumsi oleh semua orang anak-anak yang daya tahan tubuhnya belum sempurna, orang dewasa dan lansia. Dengan mengkonsumsinya, kerja sistem imun akan meningkat. Jika kerja sistem imun meningkat, akan dapat mempercepat proses penyembuhan pada orang yang sakit atau terkena infeksi.

    Info Perawatan Asma dengan Transfer Factor, Hub: Ryankenny 021.94675666 / http://www.4lifeindonesia.co.nr

  2. progran un tuk pencegahan penyakit asma tidak begitu gencar

  3. thanks banget informnya gw jadi tau cara nanganin asma gw

  4. meskipun bagi penderita asma sesungguhnya hanya bisa berserah diri kepada Tuhan, tetapi tidak ada salahnya untuk bertahan hidup sebisa mungkin!bagi sesama penderita asma, jangan pernah putus asa dan menyerah, terus berjuang untuk hidup lebih baik, yakinkan dirimu dapat melakukan apapun!jadikan kekuranganmu menjadi kelebihanmu!!!

  5. makasih atas infonya.. jadi tau lebih banyak tentang pnyakit ini..

  6. gara-gara keluarga ga da yang peduli.. terpaksa deh cari2 sendiri..
    makasih banyak..

  7. infonya bagus…bisa buat referensi bagi penderitanya……..

  8. wahyusetiawan

    makasih infonya saya udah ptus aja dan2kali nyawa sayahampirmelayangtapi mudah2an tambakanterus infonya

  9. Bagiku, pnyakit Asma adalh Pnyakit yg sangat menyedihkan bgi penderitanya. Untuk bernafas 1 kali saja terasa sgt mahal harganya……
    Seorang Ayah yg sgt aq cintai berpulang ke Rumah Bapa di Sorga krna penyakit Asma. Byk cara pengobatan yg sdh dilakukan nmun tdk berhsl.

    Bagi saudara2ku yg terkena Asma,,,,
    tetaplah semangat dlm mnjalani hdp ini, dn yg sgt terutama : “Mendekatkan diri sepenuhx Kepada Tuhan”.

  10. Kalo saya terserang asma kq dikasi dokternya cortidex ya,saya jg tau temen saya tiba2 gatel2 sluruh tubuh,obatnya jg cortidex..
    Apa ini bener ya??Smoga yg pengalaman dgn asma dpt membantu saya..

  11. trims..menyiksa memang.tapi jalani aja sambil terus cari cara sembuh agar bisa bertahan

  12. Terima Kasih

  13. Aq jg asma.aduh.. Payah bgt.makash tipsnya.ada gak temen2 yg ud smbuh dr asma?

  14. Ibuku 80an usianya, siang malam trsiksa ga bisa tidur krn asma kronis. Tolong dunk kira2 apa aja yg ga boleh dimakan dan asupan yg baik utk penderita asma lansia…Makasih bwt yg mau bantu…
    Kirim ke bamruno@gmail.com

  15. saya penderita Asma.. tidur saya jadi terganggu dengan sesak nya nafas saya pada malam hari.. kadang saya tidur dengan duduk.. itupun tidak menjadikan saya bisa tidur.. jadi sudah beberapa hari ini mungkin seminggu lebih saya sering tidak tidur malam..

    hingga akhirnya pada saat saya dikantor rasa ngantuk saya sering alami..jadi tidak concern dalam bekerja.. mohon tips buat saya bagaimana mengatasi asma yg setiap malam selalu saya alami.. hingga badan saya turun berat badannya dikarenakan kurang nya saya tidur malam, batuk2 yang tidak berenti2 sampai2 muntah2.. dan banyak nya lendir dalam dada saya.. yang kadang2 sulit saya keluarkan.

    Terimakasih
    Lucy

  16. tika purworini

    SELAMAT MALAM
    ini saya adlh seorng kakak dr seorang adk yg trkna asma,sy setiap mlihat adk sya asma nya kmbuh sy ksihan skali gg tega ntuk mlihatnya . . . .
    badan adik sya gg bsa gemuk krna asmanya sering kmbuh . . .
    aq mnta doanya pda smua smoga adik saya bisa cpt smbuh dri pnyakit asmanya . .
    Aminn . . ..

  17. Dulu saya perokok (jarang2) setelah ada indikasi rasa sakit didada,saya menghentikan semua aktifitas merokok saya.Kini,setelah kurang lebih 2 minggu rasa sakit didada saya ini kok masih saja terasa ya ? Tidak ada batuk,suara nafas yg berat juga tidak,hanya yg saya rasakan rasa nyeri didada tengah dan nafas yg kurang plong.terimakasih atas tanggapan anda.

  18. saya merasa kasihan melihat mama sulit sekali dalam istirahatnya. karena sering mendengar ia tidur dengan mengeluarkan suara seperti seekor kucing yang tidur.
    setelah melakukan pemeriksaan rupanya mama terkena gejala asma. sedih rasanya mendengar kabar itu.
    yang ingin saya tanyakan bagaimana cara (teraphy jika ada) yang dilakukan supaya mama bisa sembuh dari penyakit ini.

  19. thanks… ckup mnyiksa mmng,…& untuk menghindari pemicu or penyebab asma sngat sulit, karna aktvtas hrs ttap berjalan, walhasil jadi sering timbul penyakitnya…. menyiksa tapi kadang gak da yang mengerti… kecuali mungkin yang pernah mengalami ny……hik hik hik..

  20. mujahidah istiqomah

    aku juga asma, kalo lagi kumat kadang aku ga mw mnum obat, bosen! plg klo msh ringan aku cuma minum air hangat, olesi minyak kapak/ balsem vicks ke dada. penderita asma jgn khawatir obat kita tuh sebsnernya gampang, jangan terlalu cape’, jaga emosi, mulai dari senyum lama-lama jadi bahagia beneran, kalo udah bahagia kan jadi lupa kalo kita sakit, bahkan saat kita lagi kambuh juga.
    berfikirlah kalo kita sehat2 aja, udah pada baca buku the secret kn?
    kalo dalam islam,(maaf yang non, ga maksud apa2, ^_^)
    “Allah itu mengikuti prasaan hambanya” KITA ITU GA SAKIT, SEHAT WAL AFIAT

  21. santi damayanti

    Mohon infonya untuk pengobatan alternatif bagi penderita asma, saya seorang ibu yg anaknya terserang asma (anaku br 1 tahun)..sakit dada ini kl malam tiba anaku ga bisa tidur karena sesak nafas yg dideritanya, dia ga bisa cerita sakit yg dideritanya cuma nangis semalaman (pengen tidur tapi sesek)..plizzz bales ke email saya kl anda2 tau pengobatan alternatifnya

  22. saya menderita asma. sudah hampir 8 tahun. sekarang umur 33 tahun. saya mengalami ketergantungan obat alergi diantaranya prednisolone + salbutamol +cetiricine. bagaimana caranya agar saya tidak tergantung dengan obat. terimakasih.

  23. SALAM

    Apakah flex paru-2x di waktu kecil yang belum terobati akan berakibat ke ASMA di kemudian hari?
    mohon jawabanya yang mengerti akan hal ini?
    MKSH Salam

  24. kalau penyakit asma saya kambuh,saya sedih sekali.saya takut asma yang saya derita menjadi makin parah.semoga itu tidak terjadi amin……

  25. awalnya saya hanya mengira bahwa batuk yg saya derita hanya batuk biasa,tp tenyata sering kambuh dan buat dada sesak,dari dokter saya ketahui bahwa saya penderita asma,rasanya malu dan gelisah,sempat kecanduan pake obat semprot dr mulut,tp ga membantu byk,hy meringankan sesekali..

    akhirnya sy putuskan u berhenti menggunakan obat semprot tsb,dan bertekad u sehat,saya coba cari pencetusnya,debu,dan stres ternyata lebih berperan,saya lebih memilih obat makan racikan dari dokter,terus berolahraga antara lain senam,dan jalan kaki,saya kurangi mengkonsumsi es,dan memang cukup membantu,terakhir konsumsi madu jg cukup membantu,krn madu bisa membuat tubuh hangat…

    walaupun terkadang msh sering kambuh,paling tidak jangka waktunya tdk sesering dulu,dan sebelum jd parah aq lsg mkn obat dr dokter tsb,minum air hangat,krn penyembuhannya akan lebih lama bila asmanya sudah mulai memberat,terus berjuang dan jgn pernah menyerah!!

  26. apa ya obatnya mengganggu banget nih….trims

  27. nhe aku vio. .
    akuh adlah wnta yyg mmpunyai ktrunan asma. .
    akuh bngung. .
    apkah asma akan mnular ke vio. .
    vio tkut. .
    soalnya setiap vio lyat oma vio kmat. .
    ya allah nafas.na smpe tergesa2. .
    mdah2an ajjh vio gug apph. .
    trus oma vio cmbuh. .
    vio ksian. .

  28. aku punya adik laki2, kalau asmanya kambuh gak tega melihatnya, biasanya aku kasih air hangat biar reda. pemicunya al makan kacang, gorengan, kecapaian.

  29. Saya jg penderita asma yg (puji Tuhan) bisa ngontrol asma saya.Ga susah sih sebnrnya klo kita bisa mengenal jenis dan pencetus asma yg kita “derita”.Klo saya biasany kambuh pas kecapean ato stres.Jadi carany ya jgn sampe stres, jgn sampe capek…….
    Tapi buat saya ada obat yg enak n mujarab
    Daging kalong…………(he…he…)
    Ga enak2 banget sih,tapi namanya juga usaha…Tapi beneran kok,stlh telaten makan daging kalong, asma saya jarang kambuh.
    Cuma saya agak khawatir ni, jgn2 asma saya nurun ke jagoan2 kecil saya.
    Tapi jangan sampe deh……
    Cukup emaknya aja yg ngalami gimana tersiksanya klo asma lagi kumat.
    Minta doanya ya…………..

  30. infonya sangat bermanfaat bagi saya jadi sekarang saya dapat memberi tahu bapak saya makasih banyak ya wassalam…..

  31. saya juga punya penyakit asma yg sudah lama saya derita,udah berobat kemana-mana tapi tetep aja ga bisa sembuh ~__~
    tiap hari kalo mau tidur saya suka minum obat neo napacin supaya asma saya ga kambuh soalnya kalo tidak minum saya nanti ga akan bisa tidur,kalo penyakit ini kambuh sangat menderita banget karena untuk mengambil nafas sekali saja sudah sangat susah sekali.
    apakah ada obat yang bisa menyembuhkan asma saya ini..?

  32. asma penyakit yang sangat mengganggu aktivitas ya bung.. penyakit asma bisa sembuh totaal gak ya

  33. saya punya seorang ibu sdh lama sakit dan bolak balik msk rmh skt krg lebih 5 thn an , dirwt dirmhskt sdh, obt2 an sdh, apa pengobatan alternatif bs membantu dan apa efeknya tidak berbahaya? berat badan ibu sya skrg sekitar 30 kg an atau mgkin krg dari berat 45 kg, dan saya harus keluar masuk kerja dan belum ibu saya harus saya rawat dirumah jg

  34. coba di KEIROPREKTIK. Terima kasih informasinya

  35. adakah obat-obatan yang alami,bwt mengobati penyakit asma………

  36. wah/……
    dengan adanya pengertian tentang asma ini , saya sudah mulai mengerti , tentang asma…pokonya bagus bangget dechh ,,

  37. DEWI RETNOSARI{DHERA}

    YA SAYA SETUJU KARENA BISA BRRMANFAN

  38. terima kasih atas info yang diberikan tentang penyakit asma dan cara penanggulanginya
    caranya akan saya coba
    terima kasih

  39. sodara2 ku coba dengan terapi pembangkitan energi sel deh, banyak yg sudah terbantu dan ga pake obat, temanku yg sudah 15 thn asma sudah membuktikan. telp aja ke 021-32417565.

  40. saya bingung bgt dgn penyakit ku ini…bilang dokter aku kna mag akut,,,tapi yang aku rasa sesak beterusan kalau nafas apalagi kalau habis jalan atau kecapean rasanya nyeri bgt…itu knp ya…………habis bnyk aku ke dokter bolak balik

  41. trims banget infonya….sementara ini sy cocok pake obat hirup ventolin dulu aja…cepat redanya…

  42. infoasma.org
    coba konsultasi disini.

  43. wah …hehehe bermanfaat kok ^^ ,, aku penderita asma kok. ku anggap penyakit biasa aja. hanya pembedanya kalo emang udh asma parah / akut mesti di bawa ke rumah sakit untuk di asapin. over all,, blog nya sangat membantu …

  44. aq jg penderita asma tpi Alhamdulillah skrng dah gx sring kambuh……. asal Qt tw za cra ngehindar dri faktor2 penyebabny……… lu Aq penyebabnya gx bsa kecape’an ma mnum air es trlalu sring…….. tep semngat all law Qt pnya tekad bwt smbug Insya Allah bsa

  45. terima kasih atas tips nya. ini sangat berguna untuk orang seperti saya. banyak kegiatan dan aktifitas saya terganggu karena asma.

  46. hanif ridwan

    thx
    info nya ngbantu saya banget …
    saya jg pndrita asma… ksiksa bgt klw udh kambuh !!
    serasa mw mati.
    mw nanya klw kbiasaan minum2an b’alkohol bisa mnjadi salah satu pncetus kambuhnya Asma atu tidak?

    sebab yg saya rasain ktika minum2an b’alkohol tubuh n dada jd hangat

  47. saya penderita asma sejak kecil namun saya tidak pernah kambuh lagi setelah saya rutin minum jus manggis xamthone plus

  48. terimakasi,ini sangat membntu saya,anak istri asma,dngan adanya tips ini saya jd nambh pengetahuan tk menangani asma,tanks

  49. Sy jg penderita asma sdh lm…selama ini utk meringankan apabila terjadi serangan asma secepatnya minum obat NAFACIN tp cm separo..yaitu 1 bj dibelah 2..minumnya dg air teh hangat..Insya Allah dlm 10-15 menit langsung napas normal kembali..

  50. saya pernah kena asma 15tahun (1991 s/d 2006) alhamdulillah ssejak 2006 saya tidak lagi kambuh berat.Saya hanya terapi minum air RO dan olah raga rutin serta mengendalikan emosi dan selalu berdoa tentunya.Mungkin tips ini bisa dicoba .Yakinlah Allah akan memberi yang kita minta.amin

  51. mantap om blognya,, yg penting kenali dahulu jenis dan pencetus asma pd diri masing2, klo sy pencetusnya akibat perubahan cuaca yg ekstrem,, asma memang tdk dpt sembuh total, tp dpt dikontrol kpn datengnya..

  52. thnks..mdh2n bkal ada obt yg bs nyembuhin asma scr total..smga allah g ambl khu dg cr sprt ni amin.

  53. askum,saya juga penderita asma,mkci tips,na smoga brmanfaat buat saya

  54. hmmm…saya sudah hampir 2 mgg selalu asma, bahkan hampir ga sembuh2.

    klo pake obat trs ga tahan juga apa harus psiotheraphy

  55. Teman saya menderita asma dan belum sembuh. apakah asma itu termasuk penyakit autoimun? ada yang menganjurkan menggunakan Transfer Factor katanya bisa mengatasi asma apakah ada yang tahu dan pernah mencoba..

  56. Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,asam urat,kolesterol,stroke,hiv,kista,miom,keputihan,asma,ambeyen,maag,kanker,kanker otak,kanker payudara,diabetes,hiper/hipo tensi,leukimia,thalasemia,lupus,paru paru,dsb secara alami tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 dan 02195252748 Kunjungi page kami di FB:pengobatan tradisional untuk segala penyakit,tolong kasih like ya,terima kasi
    h

  57. saya penderita asma akut, setiap hari kambuh kadang bisa kambuh lebih dari sekali dalam sehari, kdg kalau sdg serangan berat sy bisa minum teosal 4butir padahal dosis shrusnya 1butir aja.mengganggu bgt, hampir putus asa rasanya, sdh berbagai macam obat sy coba. kl sy faktor pencetusnya debu, es,stres, kelelahan,n kodisi tbh yg lembab(kedinginan atau kegerahan) untuk debu sy bingung bgmn menghindarinya. ada ga sih obat tradisional yang mnjur n murah tentunya, sy sdh hbs2an untuk berobat tanpa hasil yang akhirnya bikin tambah stres krn ga punya uang:(

  58. vici kosasih

    aq mlh baru tau ankku trserang asma.meski ringan tp usianya blm genap 2thn.aq tkt sekali.aq ingin dia bs normal.bgmna crnya ya.dia adlh hartaku yg plg berharga.aq tak ingin kehilangan dia begitu cpt..’

  59. aku juga penderita asma malahan sudah memakai obat semprot tapi yang aku bingung semenjak aku menderita asma aku selalu alergi dengan gejala bersin ,pilek parah sampai terasa sakit dan panas dihidung serta air mata yang keluar dengan sendirinya akibat rasa sakit. alergi tersebut sangat mengganggu terkadang saat terbangun tengah malam atau bangun tidur pagi,bisa saat menjelang magrib. alergi bisa berlangsung hingga dua jam dan saya tidak bisa dengan posisi tidur dan banyak gerak ,yang bisa da yang mempunyai solusi untuk penyakit alesaya lakukan saat alergi datang hanya duduk hingga alergi sembuh dengan sendirinya terkadang jika tak bisa kutahan aku minum obat flu atau pereda nyeri tapi aku berusaha untuk menghindarinya karna efeknya dan aku takut ketergantungan. apakah ada yang punya solusi untuk alergiku ini mohon bantuannya

  60. hai..saya imue usia skrg 27 thn menderita asma dr kecil smpe skrg brumah tgga n pnya anak,info’y ok bngt ngebantu bngt bwt kita2 yg ga mw trgntung sm obt2an jd tau hrs bgaimana enghindari serngan asma..thanx ya..

  61. thx blognya,,
    saya jg penderita asma yg hampir tiap mlm kambuh,, pemicux debu,asap rokok n udara dingin.. sebenarx males banget minum obat krn takut efek sampingx klw d’gunakan dlm jangka wkt yg panjang tapi mo gmn lagi,klo napas dah sesak terpaksa hrs minum obat juga. untuk mengatasi serangan sy cm minum salbutamol dan kadang interhistin juga untuk anti alergi..

  62. thank’s tas saran’e
    akn w cba
    smoga bs….

  63. Aku jg menderita asma kl lg kambuh weeeh menyiksa bgt.

  64. ane kena asma, memang benar sebenarnya asma bukan jenis penyakit jadi sulit untuk disembuhkan hanya bisa di konrol, step yang mudah bagi pegidap asma:
    1. kenali pencentus asma anda (es, cuaca dingin, debu, capai, stresss, dll) kalau saya ketika 2 pencentus kumpul berbarengan saya akan asma, tapi kalau hanya satu, Alhamdullilah badan saya kuat.
    2. cari obat yang sesuai, setelah kita berusaha cegah terkadang kita lalai juga, untuk pertolongan cepat temukan obat asma yang cocok, kalau saya napasin, ada yang menganjurkan amoxcilin, anda bisa konsultasi kedokter
    3.jangan pernah menyerah, kita wajib bersukur karna waktu sehat kita jauh lebih lama dibanding waktu kita asma. saya penderita asma, dan tau betul rasanya asma, sulit napas sulit tidur, semua obat rasanya mau di telan asalkan asmanya cepat sembuh.
    4.setelah berusaha berdoa karna dengan berdoa kita akan menjadi lebi kuat

  65. TERIMAKASIH PENJELASANYA ANAK SY KENA ASMA DENGAN CARA APA BISA MERINGANKANYA,KASIAHAN KLW LG KAMBUH

  66. terimakasih sekali ya atas infonya… kbtln anak saya kmaren terkena sesak napas… kata dokter terkena asthma tapi saya blum yakin sehingga saya pribadi mencari2 info ttg astmha dan segala yang berhubungan dgnnya….

  67. Istri saya sudah 12 tahun mengidap asma. Selain berobat dokter juga ke alternatif (refleksi & fisiotherapy) saya coba kasih resep tradisional (karena biaya berobat dokter mahal). Sesekali untuk mengobati pada saat akut dengan minum theosal. Kadang saya hanya pasrah menghadapi kenyataan ini, (anak saya masih kecil & butuh perhatian ibunya, sementara dengan kondisi sakitnya tidak mungkin melakukan aktivitas secara normal).
    Teman-teman senasib, kalau anda mengalai hal serupa, yuk kita sharing, bertukar informasi & semoga bisa meringankan beban kita.

  68. aku punya hamster neh di rumaaah.. ngaruh ga buat asma?

  69. tadinya kalo q se2k nafas, kata dokter itu bukan asma. karna gas asam lambung yg naik, sehingga membuat nafas menjadi sesak.
    lama tak kambuh,.. eeh… trakhir se2k nafas malah d fonis doktr asma. nyesel jg rasanya, kenapa bisa jd asma. ga ada kturunan asma, mungkin q kurang menjaga kesehatan. tp scangkir teh pahit yg hangt sangat mnolong. se2k nafas bs langsng hilng sktika, tanpa obat2n. teh celup d seduh pke air panas tanpa gula lalu d minum slagi masi hangat. slamat mencoba…smoga dpt membantu.

  70. artikel tentang asma dan bagaimana penyembuhannya bisa di akses :

    http://www.asma.web.id

    semoga membantu !!!

  71. Ass. . .
    Sya pNdErita asMa
    udh 12 thun.
    AsMa sya tdk
    sMbuh”
    ByZa’a kLo sTres,
    dngIn, kcApean
    sRing kMbuh.
    Dan kLo’ jM 12 mlm
    pZty slu kMbuh,
    Klo kMbuh’a ringan
    mNum teosal langsung smbuh.
    Tpi kLo parah
    Smpe d’rwat d’rS.
    BgI tmen” yg pny
    resep agar asma sya jarang kambuh.
    TloNg ksiH tau ia
    Mksi , .
    ‘N Ayo tetap semangat. . .

  72. alhamdulillah,,,terimakasih mas untuk tipsnya,,,sekarang asma saya jarang kambuh,,,trims,,

  73. assalamualaikum……saya Bagus, pengidap asma sejak lahir soalnya mank ada kturunan asma. Awalnya saya sering sekali minum obat pada waktu asma saya kambuh, sampai akhirnya saya iseng2 aja ikut temen2 renang (tapi bener2 renang low&g cuma maen2). Alhamdulillah sampai sekarang (skitar 5 tahun) saya sama sekali tidak pernah mengalami gangguan asma. Oh ya, jangan lupa juga apapun makanannya jangan sekali kali minum yang dingin ya……….
    klo boleh share aja seh….
    1. aq pasti ngelakuin renang sminggu minimal 2 kali.
    2. biarpun makan makanan yang panas/pedas, aq g pernah minum es.
    3. hindari stres aja.
    klo mau coba aja caraq, Insya Allah bisa koq

  74. apa asma bisa mnular ke keturunan z?
    kan kasihan?

  75. Saya penderita asma sejak usia 3 bulan. dan hingga kini asma masih sering mengganggu saya untuk beraktifitas … memang, renang dan pengobatan membuat asma saya jadi lebih terkontrol. tapi saya lelah, harus terus minum obat disaat kambuh. terkadang ingin bisa sembuh total, sehingga bisa beraktivitas dengan bebas, tanpa takut asma kambuh.

  76. dear all, saya juga dulunya penderita asma akut dan hampir putus asa karena setiap hari selalu kambuh, namun saya mencoba minum madu (1-2sendok makan madu dicampur ke dalam 1 gelas air putih) setiap pagi (setelah bangun tidur) dan malam hari sebelum tidur, Alhamdulillah asma saya sampai hari ini tidak pernah kambuh. 1 yang pasti adalah yakin bahwa ALLAH SWT yang menyembuhkan melalui madu.
    Silahkan dicoba semoga bermanfaat ya & jangan lupa berdoa kepada Allah SWT.

  77. anak seya menderita asma berat saat umur 4 sd 7 tahun…. saya mengamati anak saya kumat selalu pd saat kecapaian. anak saya cenderung hiperaktif,jd saat itu sering mendapat serangan asma.. kasian, sy tdk tahan melihan penderitaannya… batuk yg tdk mereda, bernapas dgn dada yg naik turun, sampai muntah lendir yg tidak sedikit.. pada saat2 spt itu, yg saya lakukan adalah memberikan efek hangat di sekitar ronnga dadanya, dgn memberikan sinar infrared, sambil memijit2 telapak kakinya krn ini akan memberi efek menenangkan.. biasanya anak sy akan tenang dan bisa tertidur setelah itu…. sekarang anak saya sdh berumur 11thn dan asmanya jarang sekali kambuh. jarang dalam arti belum kambuh dalam setahun terakhir.. dr pengalaman sy itu, sy jd tahu bahwa anak2 yg terserang asma saat balita,bisa mereda krn seraya bertambah besar,fisiknya semakin kuat. ttp bagi org yg terserang pd saat sdh dewasa, hrs lbh berjuang dan berdisiplin menata hidupnya….

  78. asma sy kambuh klw saya kdinginan,,,

  79. Assalamualaikum. Wr .Wb. Teman2 yang ada asma coba aja sering minum air putih panas diseruput kaya minum kopi, pada saat gejala timbul/mau kumat, dan habis bangun tidur pagi hari 1 gelas besar awalnya agak nyesak tetapi nanti lendir akan keluar sendiri, apalagi kalau lendir kentalnya keluar nafas akan normal kembali. awalnya kalau asma kumat nafas kaya mau putus dan selalu kedokter dikasih resep dr dokter, Aminopilin dan Salbutamol, dan juga obat semprot, sekarang obat itu saya sedia dirumah/toh harganya murah kecuali obat semprot untuk jaga jaga saja, sebelumnya kalau mau olah raga tenis saya minum aminopilin dan salbutamol. tetapi setelah banyak minum air putih panas dan keluar lendir kentalnya, saya bisa main tenis tanpa minum obat, sekarang saya jarang ke dokter, Semoga ini sebagai obat yang murah bagi teman-teman yang ada asma. Tetap semangat, Wasalam.

  80. Saya dapat mengetahui penyebab gejala n cara mengatasi penyakit asma saya n mengurangi kekawatiran

  81. tengs info.y ..
    ibu s penderita asmha ..
    kLo asmha.y kambuh,,s sngat panikk !!!
    memBAYANGkan,,susah.y dy bernafas sja s sdah tdk sanggup..
    doakn ibu sy,,agar cepat sembuh dari asmha.y !!

  82. thank,s bwt info,y semoga dapat bermamfaat bwt aq,anak q,dan keluarga q
    makasih lucy

  1. Pingback: 2010 in review «

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: