Membentuk Karakter Pemimpin

Menjadi pemimpin adalah impian setiap orang, bahkan menjadi pemimpin terkecil dalam rumah tangga juga impian. Kita semua adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban tentang apa yang kita pimpin.
Seorang pemimpin sejati, harus mampu meningkatkan kemampuan dirinya untuk memuliakan orang-orang yang dipimpinnya. Dia menafkahkan lebih banyak harta dan segenap kemampuannya. Dia bekerja lebih keras dan berpikir lebih kuat, lebih lama, dan lebih mendalam dibanding orang yang dipimpinnya.
 Bukan sebaliknya, pemimpin yang selalu ingin dilayani, selalu ingin mendapatkan dan mengambil sesuatu dari orang-orang yang dipimpinnya. Agar mampu menjadi pemimpin yang baik, khususnya pemimpin rumah tangga, secara singkat kami berikan tips kebiasaan pemimpin yang efektif:
Berpikir Win-Win Solution.
Pemimpin yang efektif akan selalu berpikir menang-menang untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Tidak ada yang kalah atau menang, semuanya harus menang, semuanya harus maju, semuanya harus sukses, tanpa merendahkan orang lain.  
Proaktif.Pemimpin yang sejati akan selalu “menjemput bola” bukan sebaliknya hanya diam menunggu bola. Dirinya tidak menunggu perintah atau arahan dari pimpinan puncak, melainkan mencari-cari cara yang inovatif dan kreatifitas dalam memimpin.Dahulukan yang utama.Seorang pemimpin akan mengerjakan hal-hal sesuai skala prioritas. Hal utama yang paling mendesak, itulah yang didahulukan untuk diselesaikan. Bukan mengerjakan hal yang kurang mendesak dalam mengambil keputusan. Ini semua dilakukan untuk mengefisienkan tenaga, waktu dan pikiran, demi mencapai target yang diinginkan.   Mengerti dulu, baru dimengerti

Keberadaan seorang pemimpin yang efektif harus bisa mengerti orang lain terlebih dahulu. Setelah ia memahami dan mengerti orang lain, dengan sendirinya orang akan memahami dirinya. Karena kalau terus menerus memaksakan ingin dimengerti akan merusak hubungan harmonis antara seorang pemimpin dan yang dipimpin.  

Posted in Uncategorized

10 thoughts on “Membentuk Karakter Pemimpin

  1. salam kenalan, dari uraian diatas saya sangat sependapat kalau seorang pemimpin itu harus mau melayani jangan hanya ingin dilayani dari orang yang dipimpinya. thanks ya ……… atas penjelasan yang dapat mengugah hati saya untuk mengetahui sedikit tentang karakter seorang pemimpin..

      1. lalu bagaiman jika seorang pemimpin yang selalu ingin memaksakan kehendak nya kpd bawahan semau nya????bagaimana menyikapi nya????

  2. yups. pemimpin adalah pelayan bagi yang dipimpinnya, dan memiliki sikap yang menjadi teladan bg yg dipimpin, tdk memaks utk melakukan sesuatau, tapi menawarkan dan memahamkan visi atau keinginan shg yg dipimpin dgn kesadaran penuh mengerjakan dan mengikuti yg di diarahkan si pemimpin (wah, bahasaku ribet yah, hehe…)

  3. Pingback: 2010 in review «

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s