Penetapan Tahun Baruu 2008 Bermasalah???

Barusan my co-worker – M. Febriansyah Z nanya, kapan ente ngerayain Tahun Baru? Sepintas terdengar seperti pertanyaan retoris yang nggak penting untuk dijawab dan nggak guna banget dibahas.

Tapi dia berkilah menjelaskan secara detil dan terkesan ‘lebih ilmiah’. Kenapa penetapan Tahun Baru 1 Januari 2008 ga ada silang sengketa??? Tidak seperti penetapan 1 Syawal dan 10 Zulhijjah bagi umat Islam???

Kalo anda, jawabannya gimana??? Menurutnya, tahun baru kali ini seharusnya baru jatuh pada tanggal 2 Januari. Lho kok bisa??? Saya aja dibuat bingung, tapi baru ngeh kalo kita mikir pake itung-itungan fisika saat SMP dulu.

Kita tahu, 1 hari = 23 jam 59 menit, sekian detik (yang jelas nggak bulet 24 jam tuh). Nah, kalo setahun itu ada 365 ¼ hari. Maka setiap empat tahun sekali, jumlah ini digenapkan menjadi 366 hari. Seperti tahun 2008 ini yang termasuk tahun kabisat. Maka ditambahkan satu hari di tahun yang berkelipatan empat.

Tapi masalahnya, menurut dia kenapa jumlah ¼ hari yang diakumulasi menjadi 1 hari itu diletakkan di bulan Februari???? Nah lho….??? Kenapa nggak diletakkan di akhir bulan Desember biar jadi 32 hari??? Kenapa bulan Februari di-anaktirikan, ditambah 1 hari dalam periode 4 tahun sekali? Nah lho..?? ada yang tahu..???? ane aja nggak paham…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s