#2: Back To Free

Per November ini, saya resmi menjabat sebagai seorang yang merdeka. Ya, saya manusia yang bebas dengan beban dan tanggung jawab yang sama sebagai seorang suami sekaligus ayah dengan satu putra.

Pekerjaan saya sebagai seorang redaktur di sebuah majalah wanita, praktis saya tinggalkan. Kini saya tengah mempersiakan diri menyusul anak dan istri di Jogjaa. Selain kumpul, juga untuk melanjutkan kuliah master di bidang komunikasi.

Ada waktu dua bulan sebelum memulai perkuliahan bulan Januari nanti. Waktu selama ini akan saya gunakan untuk cari uang sebagai biaya awal kuliah. Mesti tak lagi menyandang status pekerja tetap, tapi saya tetap bekerja.

Dari mana cara saya mendapatkan uang? Saya ingat betul perkataan seorang wartawan senior saat saya masih di Gatra dulu. “Selama kita masih bisa menulis, kita masih bisa tetap hidup.”

Saya berusaha dan terus mencoba nasihat itu. Sejauh ini, saya mensyukuri bahwa Allah memberikan saya ‘kail’ sebuah keterampilan menulis. Selain untuk mencari nafkah yang baik dan halal, menulis juga sangat menyehatkan otak dan psikologis kita.

Saat ini, alhamdulillah saya tengah mengerjakan proyek konsultasi komunikasi perusahaan konstruksi untuk pembuatan company profile dan website. Setelah ini selesai, sudah menunggu anak perusahaannya untuk dibuatkan materi yang sama.

Selain itu, saya juga membantu penerbitan sebuah majalah kuliner, menulis untuk salah satu portal berita juga liputan independen. Dari sinilah, saya mengumpulkan rupiah demi rupiah, selain untuk nafkah keluarga, juga untuk biaya kuliah.

Saya tak lagi gugup melakoni peran sebagai seorang freelancer. Sebab, sebelumnya saya pernah melakoni selama tujuh bulan. Dan buat saya pengalaman itu cukup membantu saya mengenal dunia bebas yang begitu keras menggilas siapa saja yang lemah.

Dan di penghujung 2011 ini, saya kembali menjadi seorang yang bebas. Bebas tapi tetap bertanggung jawab untuk kehidupan kita yang lebih baik. Insya allah

Leave a Reply

