#3: Malam Takbiran di Jogja

Saya tak menemukan pemandangan ini di Jakarta. Karnaval di malam takbiran Idul Adha dengan obor atau drum band sebagai penyemarak.

Untuk memikat juri, setiap grup peserta memiliki ikon khusus. Ada yang menggunakan masjid, kupu-kupu, kuda hingga tokoh transformers. Benar-benar meriah.

Setiap peserta merupakan perwakilan dari masjid yang ada di Jogja. Saya kira tidak seluruh Jogja hanya ada dua kecamatan yang menggelar pawai, yaitu Kotagede dan Umbulharjo yang dimulai setelah waktu sholat isya.

Setiap masjid itu selalu memiliki pengajian untuk remaja, anak-anak dan kaum ibu. Nah merekalah yang memeriahkan pawai.

Para remaja biasanya bertugas menabuh drum band, sementara anak-anak ada di barisan prajurit pawai yang meneriakkan takbir dan sholawat. Ada pula yang melibatkan kaum ibu sebagai pembawa bendera dan pemandu sorak.

Semua peserta tentu ingin menjadi yang terbaik. Rata-rata, mereka menghias diri dan peralatan dengan menggunakan kostum yang unik, spanduk, obor, menghias ikon bahkan menggunakan lampu penerang.

Meski pawai seperti ini melibatkan puluhan peserta dari masjid di dua kecamatan itu, tapi tak membuat jalan-jalan di Jogja macet total. Meski ada penutupan jalan untuk panggung utama di perempatan Umbulharjo, namun Kotagede dan sekitarnya masih bisa diakses melalui jalur lain.

Tak seperti Jakarta yang menurut saya selalu kehabisan akal dalam merayakan setiap hari besar. Kalau anda tinggal di Jakarta, tentu akan memilih di ruma, bertakbir di masjid dekat rumah atau nonton teve. Keluar rumah? Tentu macet akan menyergap di setiap sudut jalan.

Biasanya kalau malam takbiran, saya tak keluar rumah. Tak tidak di sini, saya masih menyempatkan berkeliling melihat Jogja pada malam takbiran yang meriah dengan menikmati seporsi sate kuda dan es jeruk manis. Suatu hal yang musykil saya lakukan di ibukota.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s