#4: Belajar dari Ibrahim

Belajar dari Ibrahim
Belajar takwa padanya
Belajar dari Ibrahim
Untuk mencintai Allah

Saya teringat nasyid yang dinyanyikan grup favorit saya, Snada dalam sebuah albumnya. Ya, memang kisah Nabi Ibrahim As, mengingatkan dan mengajarkan kita tentang pengorbanan yang luar biasa.

Saya dan Nabi Ibrahim, tentu saja sangat berbeda. Beliau diuji dengan penundaaan keturunan yang cukup lama. Namun begitu putranya lahir, Ismail kemudian tumbuh menjadi anak yang menyejukkan hatinya, maka turun perintah Allah untuk menyembelih sang putra.

Sementara saya, dalam lirik berikutnya lagu di atas, malu pada bapak para anbiya / patuh dan taat kepada Allah semata / tanpa pernah mengumbar kata-kata / jalankan perintah tiada banyak bicara. Nah itu mungkin yang mencerminkan kondisi saya yang sebaliknya sebagai seorang hamba yang jauh dari kemuliaan.

Allah mengamanahkan seorang putra kepada saya, tak sampai satu bulan usia pernikahan kami. Tentu saja masih jauh dari beratnya ujian seorang Ibrahim.

Meski begitu, saya berusaha bersyukur. Dalam dua tahun pernikahan kami, dua kali kami merasakan hari raya idul adha, sudah dua kali pula kami belajar berkurban.

Yang kedua ini, kami menitipkan di masjid Nurul Huda di Kotagede dekat dengan rumah mertua. Kali ini, saya ingin mengajak anak kami, Farih, untuk melihat penyembelihan hewan kurban.

Memang Farih masih berusia 13 bulan. Tapi saya yakin, Allah akan menitipkan iman padanya sesuai usianya. Seperti kata seorang ustadz saat Farih diakikah dulu. Bahwa apa yang orangtua lakukan kepada anak akan memberikan pengaruh.

Nah, momen ini kami gunakan untuk memberikan pengajaran sebuah pengorbanan nilai-nilai Ibrahim yang agung Farih.

Lucunya, Farih selalu antusias bila melihat hewan kurban. Bahkan dia sudah berani dinaikkan ke punggung kambing atau memegang sapi.

Semoga saja, kami bisa seperti ayah-anak yang Allah telah muliakan keduanya. Amin

Leave a Reply

