#9: Lucu, Cara Promo Telkomsel

Sejak menggunakan ponsel android, saya sibuk mencari provider telekomunikasi yang pas untuk berlangganan paket internet. Tentu saja, pertimbangan biaya langganan, masa berlaku dan kuota menjadi hal yang harus diperhatikan.

Sebelumnya, saya menggunkan kartu Indosat Im3 dengan biaya Rp 50ribu per bulan, dapat 500Mb. Saya coba dalam 3 bulan ini. Ternyata, koneksinya terbilang payah. Jarang sekali bisa mendapat sinyal HSDPA. Padahal saya tinggal di kota besar macam Jakarta.

Kebetulan, kartu modem untuk laptop saya 3. Saya coba 3 di hape android saya. Dengan 35 ribu per bulan, saya mendapat kuota yang sama dengan IM3 tapi dengan koneksi yang 2 kali lebih cepat. Saya agak malas untuk mengganti kartu 3 karena nomor Im3 sudah 5 tahunan lebih saya pakai dan sudah dikenal luas.

Saya tukar dengan nomor dari hape saya yang lain, kartu As. Harga yang ditawarkan Tsel menurut saya paling mahal. Untuk berlangganan 2 pekan, biaya 50 ribu, dan satu bulan biaya 100 dan 200 ribu.

Beberapa pilihan juga ada. Saya coba paket internet Rp 0.3/kb dulu, untuk mengetahui koneksi Tsel. Saya pilih paket mingguan Rp 5 ribu untuk 5Mb. Tertulis sebelum registrasi kita akan mendapatkan 5Mb dan bonus 5Mb jadi 10Mb. Ketika sudah registrasi, masuk sms yang berbunyi bahwa bonus 5Mb itu hanya untuk 1 hari.

Saya kira promo macam ini sangat lucu. Di awal informasi mengesankan bahwa pelanggan akan mendapatkan 10Mb untuk 1 minggu. Nyatanya tidak. Dan menurut saya promo semacam ini tidak transparan bagi pelanggan.

Lebih lucu lagi, setelah sudah teregistrasi paket tadi, pulsa saya yang hanya tinggal Rp 31 ribu juga turut tersedot ludes, hanya menyisakan Rp 50 saja. Bagaimana mungkin? Apakah pakte internet tadi sudah habis? Sebagai catatan, sejak aktif sampai pulsa habis hanya dalam tempo beberapa jam saja. Tidak sampai 1 hari. Apakah mungkin 10Mb habis dalam beberapa jam?

Ada lagi promo lainnya. Bagi anda yang juga memakai kartu As tentu sering mendapat bonus dadakan. Mulai dari gratis telp atau sms yang jumlahnya mencapai 10ribu sms. Lucunya lagi, bonus dadakan itu juga punya batas waktu yang dadakan pula. Benar-benar lucu.

Saya heran, provider besar yang mengusung jargon terluas dan terbaik ini, masih menggunakan cara promo yang lucu: tidak transparan seolah-olah ingin mengeruk keuntungan beberapa perak semata dari pelanggannya! Lucu!

Leave a Reply

