Dari Freelancer Jadi Pebisnis

Meski belum lama menjalani profesi sebagai penulis freelance, tapi saya mau naik pangkat menjadi pebisnis.

Menurut Robert Kiyosaki, ada empat kuadran bisnis. Secara berurutan: employee, self employee, business owner dan investor. Sebelumnya, saya berada di tingkat kedua sebagai self employee, tapi saat ini saya belajar menjadi seorang wirausahawan.

Apa alasan saya berwirausaha?

Dalam bahasa lain, kita sering mendengar enterpreneurship sebagai padanan wirausaha. Tapi, saya lebih cocok menggunakan istilah sociopreneurship yang merujuk pada visi misi saya dalam menjalankan usaha. Bahwa dalam berwirausaha, saya ingin memberdayakan keluarga, teman dan sahabat untuk mencapai kemajuan.  Jadi, orientasi dalam berbisnis selain mencari untung, juga memberdayakan. Itu definis menurut saya lho…

Apa sih yang akan saya kerjakan?

Pertanyaan bagus. Sebagai lulusan ilmu jurnalistik dan bekerja sebagai wartawan, tentu tidak akan jauh-jauh dari bidang komunikasi-media dan sejenisnya. Sorry, untuk yang satu ini, saya belum bisa cerita di sini sebab kerahasiaan konsep yang menurut saya masih sangat unik dan belum banyak dijalankan di Indonesia.

Sederhananya, saya akan menjalankan bisnis konsultan komunikasi. Sepintas, memang tak ada beda dengan perusahaan lain. Namun, ada keunikan tersendiri yang belum dibaca perusahaan lain. Tapi, di luar negeri seperti di Amerika, bisnis ini sudah lumayan banyak.

Jujur, saya melakukan ATM alias amati, tiru dan modifikasi atas perusahaan sejenis yang sudah tak beroperasi. Secara ringan, saya dan seorang kawan lain, mengamati perkembangan bisnis itu dan memodifikasi sesuai dengan pengalaman saya. Dengan sedikit kemasan yang berbeda, konsep bisnis itu saya buat hanya dalam beberapa jam saja.

Nah, sekarang, saya sedang menggarap itu. Semoga bulan depan sudah ada perkembangaannya. Tunggu cerita berikutnya! 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s