About Me

Lufti Avianto.

Sejak SMP, saya memang senang dalam pelajaran Bahasa Indonesia, terutama bila menulis karangan dan puisi. Di bangku kuliah, saya mantap memilih jurusan Ilmu Jurnalistik di IISIP Jakarta (dulu bernama Sekolah Tinggi Publisistik/STP). Di semester akhir, saya bekerja paruh waktu di Majalah SAKSI sebagai reporter lalu berpindah menjadi wartawan kemanusiaan di sebuah Non Government Organization yang terdaftar di UNESCO. Meski pengalaman itu harus dibayar dengan kuliah yang ngaret satu semester dari umumnya lulusan sarjana. Tapi toh, saya mendapat pengalaman jurnalistik yang berharga.

Usai lulus, saya menjajal bekerja sebagai editor akuisisi di sebuah penerbit di Jakarta, Grafindo Media Pratama. Dirasa kurang tersalurkan keterampilan menulis, saya bergabung sebagai reporter di Majalah berita mingguan, GATRA, lalu mampir ke majalah SABILI, Jurnal Energi dan terakhir sebagai redaktur news & feature di Trinaya Media (grup majalah wanita yang menerbitkan majalah frenchise semacam ELLE, Marie Claire dan Kartika).

Untuk mengasah bakat dan keterampilan, saya juga mengikuti sejumlah kursus kepenulisan dan penyuntingan. Ada beberapa di antaranya yang sangat berkesan dan berpengaruh terhadap paradigma dan gaya tulisan saya, yaitu Kursus Jurnalisme Sastrawi (Yayasan Pantau) dan Pelatihan Editologi (Bambang Trim Comm).

Kini, saya bekerja secara independen sebagai penulis, penyunting dan wartawan lepas di sejumlah media: majalah dan online, disamping juga mengerjakan proyek komunikasi bagi perusahaan atau lembaga. Selain mempersiapkan kuliah master saya di bidang manajemen komunikasi, saya juga masih menulis buku anak dan fiksi.

20 thoughts on “About Me

  1. assalamu’alaikum
    antum kenal dengan ustadz masturi???
    ana keponakan beliau
    masih bersama beliau di pakistan???
    salam untuk ustadz Masturi

  2. Assalamualaikum Mas Lufti, kenalkan saya Setiaji. Bener nggak, ini Lufti temannya Herlambang ? Kalo bener, salam kenal ya, setelah ketemu di walimah saya dulu, sekarang bertemu di alam mayaπŸ˜€

    Wassalam..

  3. assalamualaikum mas

    hehehe …maaf juga ya./;…waktu pertama baca huruf F itu lagi2 mengelabui jadi efek mata pu nngebacanya LUTFI–seperti kebanyakan (kebetulan tmn2ku yg punya nama ini jg banyak)

    hehehe gk taunya LUFTI ya mas…..smoga dengan arti “pandangan” bisa memberi semangat kehidupan……

    jadi inget–dulu aku baru tau tulisan nama lengkapku yg bener pas baca STTB SD–Hafiidhaturrahma–setelah sekian lama di SD menulis nama sndiri Hafis Datur. hehehe….beda dari makna……..tp maklum……..

    Well….smua nama pasti mengandung Doa.
    Wassalam mas

  4. asalamu’alaikum

    duhai sahabatku, tlah lama dikau tak menghubungiku. sudah lupakah dikau? atau krn sdh jd seleb (selep apa selep??) jd lupa?? salam buat keponakan dikau yang lucu_lucu ya. salam dari bunda. katanya “kapan kerumah????

  5. Nama saya juga f nya di depan, tapi mungkin orang gak akan salah nyebut karena pasarannya emang begitu. Tidak seperti nama mang lutfi eh mang lufti. Pertama buka pun ana liatnya lutfi, maaf ya. Pengen ikut gaul aja sekalian tanya mang lufti teh anggota IZZIS? Salam buat akh Novi Hardian dari temennya di SMA. Selamat berdakwah buat ikhwah di IZZIS.

  6. Ya iyalah, masa T-nya duluan jadi “Mitfahudin” donk heheπŸ˜€ Saya ga pernah ngaku personel IZIZS, cuma kenal aja, dan kebetulan Yayaysan SALAM (saya kadiv humas-nya) dan personel IZZIS Muji R bikin kerjasama untuk nyari bakat anak-anak SMA untuk buat tim nasyid. Tapi, saya pernah dilatih sama kang Muji waktu SMA dulu, sayang ga bertahan lama en bubaran. Tapi jangan kecewa ya.. kalo saya bukan personel IZZIS. Sumpah ga bo’ong, saya cuman kenal mereka aja..πŸ˜€
    salam kenal kang miftah..

  7. Nama saya juga f nya di depan, tapi mungkin orang gak akan salah nyebut karena pasarannya emang begitu. Tidak seperti nama mang lutfi eh mang lufti. Pertama buka pun ana liatnya lutfi, maaf ya. Ikut-ikutan pake “bin” biar ingat selalu sama bapak tercinta yang sudah meninggal juga. Pengen ikut gaul aja sekalian tanya mang lufti teh anggota IZZIS? Salam buat akh Novi Hardian dari temennya di SMA. Selamat berdakwah buat ikhwah di IZZIS.

  8. Akhi…
    Wah hebat antum lika-liku itu mesti dijalani,
    namun akh,
    Alhamdulillah
    Pertolongan Allah sangat dekat
    sangat sangat dekat
    10 tahun itu dekat
    Selamat antum telah menemukan makna itu akhi
    fiikum barakah
    fiikum barakah
    fiikum barakah

Comments are closed.